Selamatkan Bumi

April 29, 2009 at 6:47 am 1 comment

Dalam video klip tersebut memperlihatkan gambaran nyata pada salah satu wilayah terindah yang terkena dampak langsung kenaikan suhu Bumi. Beberapa pakar lingkungan dalam Dana A Kartakusuma menyatakan proses pencairan es didaerah Kutub tersebut akan terus terjadi apabila suhu bumi berada diatas 2 derajat celcius. Apabila kenaikan suhu bumi mencapai 4 derajat celcius maka seluruh es di pulau Greenland akan mencair dan muka air laut naik setinggi 7 meter dimana kemudian kota-kota besar seperti Jakarta akan terendam. Bila suhu terus meningkat sampai 7 derajat celcius, diprediksikan es di Kutub Selatan akan mencair dan semakin menambah tinggi air laut sampai tingkat mengkhawatirkan karena jumlah es yang tertampung di Kutub Selatan ini volumenya jauh lebih besar dari es di Kutub Utara.

Menurut Rachmat Witoelar (Menteri Lingkungan Hidup) penelitian yang ada saat ini telah menunjukkan adanya kenaikan air laut diseluruh dunia, untuk di Jakarta kenaikannya sebesar 4.38 mm pertahun, Semarang 9.27 mm pertahun dan Surabaya 4.38 mm pertahun, apabila tidak ada upaya untuk mengurangi kenaikan suhu Bumi diperkirakan pada tahun 2030 terdapat 2000 pulau-pulau kecil di Indonesia yang tenggelam.

Dari beberapa riset diketahui salah satu penyebab terjadinya kenaikan suhu Bumi yakni karbondioksida selain Methane, Nitrous oxide, Hydrofluorocarbons, Perfluorocarbons, Sulphur hexafluoride. Seperti terlihat dalam gambar dibawah ini terdapat hubungan yang selaras antara kenaikan jumlah karbondioksida di Atmosfer dengan kenaikan suhu Bumi.

clip_31

Beberapa negara maju seperti Inggris telah mempunyai target menurunkan besaran karbondioksida yang dihasilkan hingga mencapai 60 persen pada tahun 2050. Komitmen penyelamatan Bumi yang sampai saat ini belum ditiru Indonesia sebagai paru-paru dunia dengan kerusakan hutan dan lahannya sebesar 101.73 juta hektar.

Prof John Ochsendorf dan Prof Charles Ainger dari Cambridge University menyatakan peran serta masyarakat juga diperlukan untuk mengurangi kerusakan ini, berdasarkan standar Protokol Kyoto guna mengurangi emisi sedikitnya 7 persen setiap orang mempunyai batasan emisi karbondioksida sebanyak 11.000 lbs karbondioksida/orang/tahun yang ekuivalen dengan berkendara mobil jenis SUV (Sport Utility Vehicle) maksimal 11000 mil/orang/tahun atau 48.49 km/orang/hari.

clip_42


Salah satu bagian sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap orang, sebagai bentuk rasa terima kasih kepada Bumi sebagai satu-satunya tempat untuk hidup dan tinggal manusia, dimana pada akhirnya kita semua tetap bisa menikmati semua keindahan ini.

Sumber :

1. Departemen Lingkungan Hidup

2. KOMPAS

3. MIT

4. Departemen Kehutanan

Entry filed under: Ilmu. Tags: , .

Sisi Lain Kerugian dari Peperangan Maldives-Negeri Sejuta Atol

1 Comment Add your own

  • 1. Musicool  |  September 7, 2009 at 5:06 am

    Untuk mengurangi pemanasan global, mari kita kurangi CO2, baik dari kendaraan bermotor, listrik, ataupun industri. Saya membaca satu poster di salah satu industri elektronik besar di Bekasi, bahwa “setiap penghematan listrik 1 KWh = pengurangan CO2 sebesar 0,712 Kg”, berarti setiap orang bisa ikut aktif dalam mengurangi pemanasan global, paling tidak dengan menghemat pemakaian listrik setiap bulannya.
    Dari manakah penghematan signifikan yang bisa kita dapat? Menurut penelitian yang dilakukan oleh salah satu BUMN di gedung2 komersial, pemakaian mesin pendinginlah (AC, chiller) yang paling besar memakai daya listrik, sekitar 60-70% dari seluruh tagihan listriknya.
    Dan tahukah teman2 Mesin pendingin menggunakan Freon (CFC, HFC, HCFC) sbg bahan pendinginnya, didalam freon mengandung Chlor & Fluor. Chlor adalah gas yang merusak lapisan ozon sedangkan Fluor adalah gas yang menimbulkan efek rumah kaca. Global warming potential (GWP) gas Fluor dari freon adalah 510, artinya freon dapat mengakibatkan pemanasan global 510 kali lebih berbahaya dibanding CO2, sedangkan Atsmosfir Life Time (ALT) dari freon adalah 15, artinya freon akan bertahan di atsmosfir selama 15 tahun sebelum akhirnya terurai.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 62,385 hits

News

Antara

Aljazeera

CNN

BBC

REUTERS

FOX

ABC

KYODO

NIKKEI


%d bloggers like this: