Sisi Lain Kerugian dari Peperangan

January 10, 2009 at 1:32 pm Leave a comment

Perang yang sedang berlangsung dinegara dengan sejarah panjang 3 agama besar Yahudi, Kristiani dan Islam telah memakan korban lebih dari 1000 orang dan sebagian adalah anak-anak. Segala alasan dengan pembenaran pada masing-masing pihak telah melegitimasi segala bentuk tindakan keji yang berupa pembunuhan. Terlepas dari segala alasan yang didasari, pembunuhan tetaplah pembunuhan dan hal tersebut tidak pernah dibenarkan oleh agama manapun terkecuali mereka yang berperang saat ini mengaku sebagai manusia tak beragama.

israel-palestine20map

Kerugian yang disebabkan oleh kebijakan egois perang tersebut, ternyata tidak hanya berpengaruh pada wilayah konflik tetapi pengaruhnya juga terasa kepada bangsa-bangsa lain diseluruh dunia. Salah satu kerugiannya berupa naiknya harga minyak dunia. Masih diingat pada beberapa bulan lalu diakhir tahun 2008, muncul kondisi memanas diseluruh negara di dunia akibat kenaikan harga dasar minyak yang mencapai nilai $ 140/barrel. Banyak pihak khususnya para ekonom dunia telah menyadari dampak perang ataupun kebijakan kekerasan lainnya yang terjadi diseluruh dunia (tidak terkecuali diPalestina-Israel) memicu naiknya harga minyak dipasar uang internasional. Bahkan ada sebagian pengamat ekonomi menyatakan bahwa perang merupakan salah satu komoditi yang sengaja diciptakan untuk menaikkan harga minyak dunia. Untuk diketahui walaupun harga minyak saat ini masih fluktuatif, tetapi masa awal perang yang terjadi antara Palestina-Israel telah menaikkan harga pasar minyak dunia sebesar $ 1/barrel/hari. Adapun untuk kondisi saat ini menurut seorang pengamat perminyakan nasional Kurtubi, kenaikan harga minyak dunia diprediksi tidak akan mencapai harga fenomenal seperti beberapa bulan lalu karena adanya kelesuan ekonomi dinegara kapitalis Amerika, akan tetapi dengan beberapa kondisi kenaikan bisa saja terjadi. Melihat hal tersebut mestinya seluruh bangsa didunia khususnya importir minyak seperti Indonesia mulai waspada akan kondisi tersebut dengan turut aktif menghentikan perang ini sebagai upaya mengendalikan kenaikan harga minyak dunia sekaligus mewujudkan kedamaian dunia.

oil-priceslarge

Dapat diambil sebuah kesimpulan yang mendasar bahwa perang tidaklah membawa manfaat apapun kecuali terhadap beberapa pihak yang mencoba memanfaatkan momentum perang sebagai upaya mencari keuntungan ekonomi atau dukungan politis. Tidak ada sebuah kebanggaan ataupun janji tuhan akan surganya kalau ada darah manusia lain ditangannya. Jadi kita semua sepakat bahwa perang dimanapun mesti dihentikan dan kejahatan kemanusiaan tersebut harus dimintai pertanggungjawabannya.

Entry filed under: Negara. Tags: , , .

Tantangan Perancangan Bangunan Lepas Pantai Selamatkan Bumi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 62,385 hits

News

Antara

Aljazeera

CNN

BBC

REUTERS

FOX

ABC

KYODO

NIKKEI


%d bloggers like this: