KRISIS AIR DUNIA

July 13, 2008 at 6:14 am Leave a comment

 Air merupakan benda cair yang sangat bermanfaat banyak bagi kehidupan manusia, menurut peneliti di Inggris dalam intisari (2001) jika orang selalu mandi dengan air dingin, peredaran darahnya akan membaik sehingga tubuh terasa lebih bugar, ditambahkan lagi bahwa mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan ketahanan seseorang terhadap serangan virus. Bahkan, mandi dengan air dingin di waktu pagi dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria serta hormon esterogen pada wanita, dengan demikian kesuburan serta kegairahan seksual pun akan meningkat. Selain itu jaringan kulit membaik, kuku lebih sehat dan kuat, tidak mudah retak. Penelitian lainnya datang dari Dr. James M. Rippe, kardiolog AS menyarankan untuk minum paling sedikit 1 l lebih banyak dari apa yang dibutuhkan rasa haus kita. Pasalnya, kehilangan 4% cairan saja akan mengakibatkan penurunan kinerja kita sebanyak 22%, sehingga dapat dimengerti bila kehilangan 7% maka tubuh akan mulai terasa lemah dan lesu.

Disamping sebagai supply kebutuhan ragawi, air juga merupakan sarana untuk melaksanakan ritual berkomunikasi dengan Tuhan guna memuaskan dahaga batin. Tercatat banyak agama yang menggunakan air sebagai sarana pengagungan Tuhan. Dalam agama Budha air digunakan untuk upacara kematian, ajaran Kristen digunakan untuk pembaptisan, ajaran Hindu untuk penyucian setiap akan ke kuil, Muslim sebagai sarana penyucian untuk ibadah dan Yahudi untuk peyucian seperti ritual mandi atau mikveh.

Begitu besar manfaat bagi tubuh akan manfaat air bagi tubuh dan batin, akan tetapi saat ini kelangkaan air merupakan fenomena yang sering didengar, menurut catatan beberapa lembaga dunia hampir disemua kawasan didunia mengalami krisis air. Menurut UNICEF hampir 20 % penduduk dunia tidak bisa mengakses air minum yang bersih dan hampir 1.2 milyar orang mengkonsumsi air yang berpolusi hingga menyebabkan kematian 15 juta anak setiap tahunnya. Pada tahun 2000 antara 1.085.000 dan 2.187.000 orang meninggal karena diare yang disebabkan oleh air kotor, sanitasi dan faktor higienitas, 90 % diantaranya adalah anak-anak dibawah 5 tahun.

Beberapa Negara mulai menghadapi kelangkaan dalam skala nasionalnya, tercatat :

Untuk wilayah asia, negara tetangga Singapura dengan jumlah penduduk 4.2 juta mengkonsumsi 1.4 juta m3 air bersih perhari, 40 % diimpor dari Malysia sejak 1960-an.

 

Untuk wilayah eropa, ada beberapa negara yang kurang bisa mengkases air bersih dengan baik pada tahun 2000 yaitu Estonia, hungaria, Romania dan Rusia federation.

 

Untuk Amerika selatan, sekitar seperempat dari total populasi atau lebih dari 100 juta orang hidup pada lokasi kurang air, sebagian besar berada pada daerah Mexico, Argentina dan negara-negara sepanjang garis patai barat.

 

Akan tetapi untuk Amerika serikat sendiri yang mengaku sebagai salah satu negara dengan masyarakat berpikiran maju ternyata mengkonsumsi air bersih dua kali lebih banyak dari negara-negara industi lainnya, sekitar 6.8 milar galon air digunakan untuk toilet setiap harinya.

 sumber-daya-air

Apabila dibandingkan antara tersedianya air dengan jumlah penduduk adalah :

  • Benua Asia dengan penduduk 60 % penduduk dunia mempunyai 36 % sumber daya air dunia.

  • Eropa dengan penduduk 13 % penduduk dunia mempunyai 8 % sumber daya air dunia.

  • Afrika dengan penduduk 13 % penduduk dunia mempunyai 11 % sumber daya air dunia

  • Amerika utara (USA) dengan penduduk 8 % penduduk dunia mempunyai 15 % sumber daya air dunia.

  • Oceania dengan penduduk kurang dari 1 % penduduk dunia mempunyai 5% sumber daya air dunia.

  • Amerika selatan dengan penduduk 6 % penduduk dunia mempunyai 26 % sumber daya air dunia.

 

Pada tahun 2025 diperkirakan penduduk dunia akan meningkat kebutuhan airnya sebesar 40 %.

Dengan kritisnya ketersediaan air bila dibandingkan dengan pola kebutuhannya seharusnya menjadikan kita lebih bisa memanfaatkannya lebih baik. Hemat Air Sekarang INDONESIA !!!

 water-consumption (pdf from UC.Berkeley)

Sumber :

  1. Intisari

  2. UNESCO

Entry filed under: Ilmu. Tags: , .

KERETA API MODERN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Blog Stats

  • 62,385 hits

News

Antara

Aljazeera

CNN

BBC

REUTERS

FOX

ABC

KYODO

NIKKEI


%d bloggers like this: